Membuat Laporan dengan iReport

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai pembuatan laporan dengan iReport.Tentu saja dalam setiap aplikasi di desktop harus dilengkapi dengan report / laporan.Bagi teman – teman yang menggunakan program Visual Basic/VB.NET tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Crystal Report.Akan tetapi Crystal Report merupakan software berbayar dan terlalu mahal bagi saya untuk membelinya.Nah bagaimana dengan aplikasi Java untuk mencetak laporan,karena saya sebagai seorang mahasiswa yang ingin berhemat 🙂 maka saya menggunakan iReport.iReport merupakan free and opensource software.Jadi intinya kita dapat menggunakannya tanpa membayar biaya licensi,tetapi untuk keberlangsungan pengembangan software tersebut tidak ada salahnya kita ikut memberikan donasi kepada developer software tersebut 🙂 . Kemampuan iReport juga tidak kalah dengan dengan Crystal Report lho.iReport tersedia untuk berbagai macam sistem operasi,anda dapt mendownloadnya di sini http://sourceforge.net/projects/ireport/files/.Ok,langsung saja kita mulai pembuatan reportnya.

Langkah pertama extract iReport.tar.gz,di tutorial kali ini saya menggunakan Linux Ubuntu.Cara menjalankan iReport di Linux dengan cara klik dua kali file iReport.sh.Kemudian pilih Run.

Untuk membuat laporannya klik File–>New Document,disini kita dapat memberi nama report kita,mengatur ukuran kertas,kolom,dsb.Kalau sudah klik ok.

Di laporan yang masih kosong tersebut,kita dapat memberi judul laporan,memberi gambar,membuat tabel,dsb.Sebenarnya sebelum membuat laporan anda membuat database dan recordnya terlebih dahulu.Di sini saya menghubungkan data MySQL dengan iReport.Untuk membuatnya klik Data–>Connections/Data Sources–>New–>Database JDBC Connection–>OK

Langkah selanjutnya,isi JDBC Driver dan JDBC URL nya.Kalau sudah klik test.Jika ada keterangan test connection successful,berarti koneksi telah berhasil.

Kalau sudah klik save.
Nah untuk memasukkan data MySQL ke Laporan tinggal drag & drop saja.Untuk mendapatkan datanya klik Data–>Report Query.Masukkan query databasenya di sini,kalau fieldnya sudah tampil di kolom bawah klik OK.

Selesai.Saatnya proses drag & drop.Di bagian pojok kiri bawah laporan terdapat field,klik field tersebut.
Maka akan muncul nama field yang ada di dalam database.

Untuk menjalankannya klik Build–>Compile kalau tidak ada error klik lagi Build–>Execute (with Active Connection).Kalau berhasil hasilnya seperti ini

Selesai..

Selamat mencoba… 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s