Belajar Sedikit Coding Borand C++

Hello brother Jumpa lagi , Kali ini saya coba untuk sharing sedikit tentang cara coding di C++ ,  Sebelum memulai Untuk melakukan Coding Kita belajar sekilas tentang variabel dan type data dimana ini merupakan komponen penting dalam pembuatan suatu project Program baik web base maupun desktop.

1 .VARIABLE DALAM BAHASA PEMROGRAMAN

variable merupakan salah satu konsep media penyimpanan pada bahasa pemograman. Setiap variable dalam bahasa pemograman akan memiliki nama yang unique, ukuran / size, tipe dan nilai atau value yang disimpan

Contoh: Ketika kita ingin bermain ice skating, kita harus menyewa sepatu khusus untuk bermain. Pertanyaan-nya adalah kemana sepatu/sandal yang kita gunakan saat itu ? Jawaban-nya adalah di simpan dalam loker sepatu yang sudah disediakan oleh pihak ice skating. Lalu apa hubungan-nya dengan variable ? Program dalam komputer terkadang juga membutuhkan media penyimpanan untuk menyimpan nilai/data, oleh karena itu loker sepatu dalam bahasa pemograman seperti kasus diatas dikenal dengan istilah variable.Dalam Penulisan variabel tidak boleh ada SPACE .

2. Type Data pada Bahasa Pemprograman

Karena kita belajar mulai dari dasar maka yang akan saya bahas di sini adalah type data standart/sederhana.
Tipe data sederhana / Jenis data yang standar (Dasar)

       A. Tipe Data Char
Char merupakan tipe data berbentuk karakter tunggal(string tidak termasuk). Char memiliki jumlah bit sebanyak 8 bit (1 byte). Pendeklarasian secara umum adalah char nama_variabel[panjang_karakter]; –>> Contoh :  char nama_anda[20];  (char disebut TYPE DATA dan nama_anda–> disebut VARIABEL)
       B.Tipe Data Integer
Integer merupakan tipe data bilangan bulat. Integer memiliki jumlah bit sebanyak 16b bit (2 byte). Pendeklarasian secara umum adalah int nama_variabel; .–>> Contoh :  int Nilai_UTS;  (int di sebut TYPE DATA dan Nilai_UTS –> disebut VARIABEL)
       C.Tipe Data Float
Float
merupakan tipe data bilangan pecahan presisi tunggal. Float memiliki jumlah bit sebanyak 32 bit (4 byte). Pendeklarasian secara umum adalah float nama_variabel; ->> Contoh:  float Gaji_anda; (float disebut TYPE DATA dan Gaji_anda -> disebut VARIABEL)

3. Study Kasus
Sebenarnya masih banyak yang lain , Namun Kita akan belajar untuk yang sederhana dulu,ok Sekarang kita masuk di script codingnya , coba kalian buka borlandnya dan ketik seperti gambar  berikut :4

ketika di running ini hasilnya

2

berikut Penjelasan Secriptnya :

Perintah standar masukkan yang disediakan oleh borland C++, diantaranya :

#include <stdio.h>   

#include <conio.h>

main ()

{    

 

getch();

}

di atas adalah salah 1 ciri dari codingan C++ dan pada saat coding wajib menyertakan script tersebut , memang sudah aturan dari C++ sama halnya di bahasa HTML,

berikut gambar html

3

<!DOCTYPE html>

<html>

</html>

diatas adalah ciri dari bahasa html, Kesimpulannya pasti ada ciri dari tiap bahasa program.

OK LANJUT KE PENJABARAN STUDY KASUS C++

1. int a,b,c  = maksud dari int a,b,c ada int (merupakan Type data integer) dan a,b,c adalah variabel untuk menyimpan sementara inputan , misal nilai a adalah 10 dan b adalah 10 dan c=a x b maka aslinya itu adalah c = 10 + 10 maka variabel c isinya 20

2.printf = Script Ini digunakan untuk menampilkan tulisan / text . Pada contoh di atas di tuliskan

printf(“Masukan Nilai A = “) maka akan menampilkan text Masukan Nilai A = , wajib di sisipkan awalan tanda ” dan ahiran tanda ” pula.

  1. scanf()

Fungsi scanf digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data.

Bentuk penulisan :

scanf(“penentu format”, &nama-variabel);

simbol & merupakan pointer yang digunakan untuk menunjuk ke alamat variabel memori yang dituju.

format

contoh Study kasus di atas :

scanf(“%d”,&a); = %d adalah bentuk format dari integer /int  , &a adalah untuk mengambil nilai dari variabel a , tadi kita memasukan nilai 10 pada variabel a ,

dan jika kita tulis scruiptnya :

int a,b,c  {sebagai type data dan variabel}

printf(“MASUKAN NILAI A=”) scanf(“%d”,&a) maka akan muncul :

MASUKAN NILAI A = 10  {misal kita input 10} maka isi dari variabel a tersebut adalah 10 , dan misal kita ketik script kembali :

printf(“MASUKAN NILAI B=”) scanf(“%d”,&b)

MASUKAN NILAI B = 10  {misal kita input 10} maka isi dari variabel b tersebut adalah 10 , dan misal kita ketik script kembali :

c=a + b  { maka sebenarnya di sini adalah c = 10  + 10 , dan sudah jelas isi dari variabel c diatas adalah 20 }

printf(“Hasil penjumlahan a + b adalah = %d”,c); maka akan muncul

Hasil Penjumlahan adalah a + b adalah = 20 

10

yang perlu di perhatikan adalah pemilihan type data dan penulisan variabel serta penulisan huruf kecil dan capital karena menurut bapak dosen kemarin itu berpengaruh, dan sisanya adalah analogi Algoritma kita.

Semoga bermanfaat Kawan !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s