Algoritma Dalam Pemrograman

Kali ini saya akan mencoba sharing sedikit tentang Algoritma , apa sih kaitanya algoritma dengan perograman ? kenapa klo ada kata algoritma pasti akan sering berdampingan dengan kata pemrograman ?

Dalam dunia pemrograman algoritma bukanlah hal tabu dan bukan merupakan kalimat baru, dimana algoritma memiliki peranan penting dalam dunia pemrograman. Seorang programmer profesional akan merancang dan menyusun struktur dan alur program sebelum membuatnya. dan alur itu bisa dikatakan algoritma.

Algoritma adalah sebuah alur / proses / step by step / langkah-langkah / untuk menyelesaikan sebuah masalah. masalh seperti apa ? tergantung, kita akan ada di sudut sebelah mana,apakah tentang pembuatan program atau tentang pembuatan nasi goreng seperti yang di bilang bapak dosen kemarin atau seperti apa.

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita juga sudah menjalankan yang namanya algoritma ,

A. Study kasusnya 1 : pada saat kita akan mandi , apakah langsung masuk kamar mandi tanpa bawa handuk,alat mandi dan masih memakai baju kemudian lansung menyiramkan air ketubuh? tentu tidak , pasti kita akan membawa handuk , alat mandi dan melepas pakaian dan barulah menyiram air dan kemudian baru kita menggunakan alat2 mandi kita dan setersunya samapai selesai, Itu sebenarnya kalo kita masukan ke diagram Flowchart bisa di jadikan algoritma.

B.Study Kasus 2 : Jika kita akan mebuat sebuah program tentu kita harus tau program apa yg akan kita buat ? cara kerja pnya seperti apa? dan apa fungsi dari program yang akan kita buat ? oleh karena itu seorang programmer akan menerapkan algoritma dan akan membuat diagram Flowchart untuk menyusun dan merancang programnya .Sebagai Contoh berikut gambar Flowchart alur algoritma ,

f9(Struktur percabangan untuk masalah batasan umur)

# kita pasti pernah membuka situs blog,wordpress atau yg lain yang memang situs tersebut memberikan warning / informasi / menanyakan sebelum kita lanjut masuk ke blog tersebut .

#Jika kita Simpulkan dari Flowchart di atas ,dengan contoh kita membuka situs yg ada warning up to 17th, maka alurnya adalah MULAI (buka situs yang ada warning tsb) Kemudian situs tersebut akan READ USIA (membaca usia / menanyakan Usia kita ) di situ ada fungsi IF (jika / kondisi ) jika usia anda lebih dari 17th maka fungsi IF akan bilang YA Silahkan Menonton / melanjutkan membuka situs, tapi jika usia Anda dibawah 17th maka Fungsi IF akan bilang TIDAK anda tidak boleh menonton / melanjutkan ke dalam situs,dan SELESAI

Intinya algoritma Bukanlah bahasa Program , akan tetapi langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah.

Berikut ada Sedikit Ebook tentang Algoritma dan pemrograman dan sepertinya lebih lengkap dari pada artikel yang saya ketika .  Download EBOOK

 

Semoga Bermafaat kawan , Budayakan like Dan Komentar ya !

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s